Belajar Berbisnis Online untuk Pemula

  Ada banyak hal yang perlu dilakukan untuk memulai dan mengembangkan bisnis, terutama bisnis online untuk pemula. Hal pertama tentu saja adalah smartphone atau perangkat lain seperti komputer atau laptop. Dan yang kedua pastinya adalah koneksi internet yang stabil dan lancar. Tapi bukan itu saja, masih ada banyak hal lain yang perlu kamu ketahui dan ikuti kalau kamu benar-benar ingin memulai bisnis online dari bawah dan membuat bisnis kamu berada di puncak. Berikut beberapa hal penting yang wajib dipelajari oleh para calon pebisnis online, termasuk kamu. Memulai Bisnis Online yang Dibutuhkan Banyak Orang Ketika memulai bisnis online, tujuan utama kamu tentu adalah menjual sebanyak mungkin barang demi mendapatkan hasil yang banyak pula, bukan? Nah, untuk mencapai tujuan kamu, pastikan kamu memahami seluruh langkah di bawah ini dan mengikutinya dengan saksama ya.
  • Memahami apa yang dibutuhkan oleh pasar
Produk yang harus kamu jual haruslah produk yang dibutuhkan oleh pasar sehingga kamu bisa meraih kesempatan memenangkan pasar. Kalau produk yang kamu jual hanya diinginkan oleh sedikit orang dan bukannya dibutuhkan banyak orang, kemungkinan besar bisnis kamu akan gagal. Selalu ingat kunci utama ini ya: jual produk yang bisa menyelesaikan masalah banyak orang. Ketika konsumen mencari suatu barang, mereka menginginkan sesuatu yang bisa menyelesaikan masalah mereka. Jadi, pastikan produk kamu mampu membuat orang mengejar-ngejar kamu.
  • Menganalisis para pesaing bisnis
Ketika kamu memulai sebuah bisnis online, kamu perlu mempelajari para pesaing bisnis terlebih dahulu agar nantinya kamu bisa mengalahkan mereka. Kamu perlu tahu kelebihan yang mereka miliki, cara mereka melakukan pendekatan kepada konsumen, hingga kekurangan yang mereka punyai. Dengan demikian, kamu bisa menyediakan produk yang bahkan lebih baik daripada produk para pesaing kamu. Hebat bukan?
  • Mencari model bisnis yang tepat
Maksudnya adalah cara kamu melakukan penjualan produk. Sebagai contoh kamu ingin menjual smartphone yang dirancang khusus untuk anak-anak. Kalau kamu mempunyai modal, kamu tinggal menyetok beberapa smartphone kemudian menjualnya melalui marketplace atau situs web kamu. Bagaimana kalau kamu tidak memiliki modal? Salah satu cara yang bisa kamu coba adalah menjalin kerja sama dengan seorang supplier kemudian menjual smartphone dengan memanfaatkan sistem dropship. Mudah bukan? Cara mana yang paling sesuai dengan kondisimu?
  • Menentukan target pasar
Target pasar merupakan sekelompok masyarakat yang mempunyai persamaan karakteristik serta kemungkinan untuk membeli produk yang kamu sdiakan. Masing-masing produk mempunyai pasar yang berbeda. Sebagai contoh, perhatikan perbedaan Ferrari dan Toyota. Kedua perusahaan tersebut sama-sama menjual mobil, tetapi target pasar mereka berbeda. Ferrari menargetkan kalangan atas sedangkan Toyota menargetkan kalangan menengah. Kamu juga sebaiknya mencari tahu kalangan mana yang akan kamu tuju dalam menjual produk kamu.
  • Memilih produk untuk dijual secara online
Sebenarnya, kamu bisa menentukan produk untuk dijual oleh bisnis online untuk pemula setelah melakukan seluruh riset di atas. Biasanya, produk yang bisa dijual secara online antara lain adalah software, oleh-oleh, snack, furniture, alat kesehatan, dan smartphone. Selain produk yang bisa digunakan, kamu juga bisa menjual berbagai jasa seperti pengiriman barang, jasa online marketing, booking hotel, booking tiket, dan lain-lain. Pastikan produk yang kamu jual memiliki unique selling point ya, agar tidak kalah dari para pesaing bisnis.
  • Membuka toko secara online
Bagaimana caranya? Dengan membuat situs web bisnis kamu sendiri. Riset membuktikan bahwa 56 persen calon pembeli tidak mempercayai sebuah bisnis online tanpa adanya situs web. Kalau mereka tidak mempercayai bisnis kamu, mereka tentu akan pindah ke pesaing bisnis kamu. Jadi, sangat penting untuk membuat situs web resmi. Tidak perlu susah payah mempelajari coding atau programming demi membuat situs web bisnis kamu. Kamu tinggal memanfaatkan WordPress yang akan membantumu menciptakan situs web dengan mudah dan kilat.
  • Mempertahankan pelanggan, terutama yang setia
Tentu saja, kamu bisa terus mencari pelanggan yang baru untuk memajukan bisnis onlinemu. Tapi, jangan abaikan pelanggan yang lama ya. Membuat promosi demi menggaet pelanggan yang baru justru lebih susah daripada mempertahankan pelanggan yang sudah ada lho. Bagaimana cara menghargai kesetiaan para pelanggan lamamu?
  • Salah satu caranya adalah dengan menyediakan layanan pelanggan atau customer support. Bersiaplah untuk menerima pujian pelanggan dan untuk menangani setiap keluhan yang mereka sampaikan.
  • Cara lain adalah dengan menyediakan loyalty card. Sistem dari layanan ini biasanya adalah memberikan poin bagi pelanggan yang membeli lagi. Poin yang terkumpul bisa ditukarkan dengan salah satu produk atau hadiah gratis. Pelanggan kamu pasti suka program ini.
  • Email marketing adalah cara lain untuk mempertahankan para pelanggan yang setia. Hal ini sangat berguna karena ada pelanggan yang tidak selalu mengecek marketplace atau situs web kamu. Kamu bisa mengirim email untuk mempromosikan produk paling baru dengan cara ini.
Atau kamu bisa memikirkan cara lain yang bisa membuat pelanggan lama kamu betah berbelanja di toko kamu sekaligus membuat pelanggan baru berdatangan. Tujuh langkah di atas seharusnya cukup membekali kamu yang ingin memulai sebuah bisnis online untuk pertama kalinya. Pastikan kamu mengikuti setiap petunjuknya dengan tepat ya. Setelah kamu mengawali bisnis online kamu, lanjutkan dengan mengikuti petunjuk berikutnya di bawah ini. Menjalankan Promosi untuk Memajukan Bisnis Online untuk Pemula Salah satu langkah yang kamu baca di atas adalah membuat situs web untuk bisnis online kamu. Nah, setelah memiliki situs web resmi, kamu harus melakukan promosi secara online agar memperoleh trafik atau kunjungan ke situs web toko online kamu. Jangan khawatir, caranya mudah kok.
  • Promosikan bisnis kamu melalui media sosial
Kamu bisa memanfaatkan berbagai media sosial yang banyak digunakan oleh generasi muda saat ini seperti Facebook, Instagram, TikTok, Twitter, dan lain sebagainya. Media sosial merupakan cara yang paling cepat dan mudah untuk menyebarkan informasi tentang produk yang kamu jual. Akan lebih mudah lagi untuk dilakukan kalau akun media sosial kamu sudah memiliki teman atau follower dalam jumlah yang cukup banyak.
  • Promosi bisnis online melalui marketplace
Atau, kamu bisa memanfaatkan berbagai marketplace seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dan lain sebagainya. Dewasa ini, para pembeli lebih tenang berbelanja melalui marketplace karena rendahnya kemungkinan penipuan. Jadi, membuat akun di marketplace benar-benar membantu.
  • Promosi bisnis canggih menggunakan teknik SEO
Cara ini hanya alternatif saja, tidak perlu kamu lakukan ketika baru memulai bisnis online. Kalau kamu ingin menggunakan teknik ini, kamu perlu memahami cara mengoptimasi situs web kamu agar menduduki posisi paling atas di mesin pencari. Yang terpenting dari mempromosikan bisnis online kamu adalah dengan tidak bosan-bosannya melakukan promosi. Semakin sering orang melihat produk kamu, semakin besar kemungkinan mereka untuk berbelanja di toko online kamu.

Leave a Comment