Belajar Copywriting yang Menghasilkan

 

Bagaimana ya cara memasarkan bisnis online? Salah satu jawaban dari pertanyaan yang sangat mengganggu ini adalah belajar copywriting. Melakukan promosi di berbagai media seperti televisi, billboard, dan koran diyakini bisa membantu penjualan.

Atau, kamu bisa mempromosikan toko online melalui berbagai sarana digital seperti media sosial, situs web, email marketing, banner iklan, dan lain sebagainya. Tapi yang terpenting adalah mempelajari cara yang efektif untuk membuat konten yang bersifat promosi yaitu teknik copywriting.

Menerapkan Berbagai Jenis Copywriting untuk Melakukan Penjualan

Satu hal yang perlu kamu ketahui mengenai copywriting adalah terdapat 5 teknik berbeda yang bisa kamu gunakan. Berikut kelima jenis copywriting yang bisa kamu terapkan dalam mempromosikan bisnis online di berbagai platform.

  • Marketing copywriting

Teknik marketing copywriting adalah teknik yang berfokus menawarkan produk, menyampaikan manfaat dari produk yang kamu jual, serta memberikan solusi bagi permasalahan yang dihadapi oleh konsumen.

Tujuan akhir dari marketing copywriting adalah meyakinkan para konsumen untuk menggunakan layanan kamu atau membeli produk yang kamu jual. Teknik ini biasanya digunakan pada homepage situs web bisnis online dan email marketing.

  • Direct response copywriting

Teknik ini adalah teknik copywriting yang fungsinya adalah untuk memperoleh tanggapan yang diberikan secara langsung oleh para konsumen. Teknik direct response ini biasanya mengarahkan konsumen untuk berlangganan ebook, mengklik tombol belanja, atau membagikan konten.

Teknik direct response pada copywriting seringkali digunakan pada homepage situs web, landing page, dan iklan di media sosial. Kamu sebaiknya mencoba belajar copywriting dengan teknik direct response guna memajukan penjualan toko online kamu.

  • Brand copywriting

Fungsi dari teknik ini adalah menyampaikan identitas serta citra dari brand yang kamu jual. Copywriting dengan teknik ini bisa menjadi sebuah pembeda dari brand yang dijual oleh competitor. Gunakan tagline brand atau slogan untuk membuat produk kamu menjadi  unik dan mudah diingat.

Biasanya, teknik brand copywriting digunakan di logo dari situs web bisnis online dan di halaman “about us” atau “tentang kami”.

  • Technical copywriting

Fungsi utama dari technical copywriting adalah memberikan sebuah pemahaman yang mendalam mengenai cara kerja dari jasa layanan atau produk yang kamu jual. Biasanya, technical copywriting digunakan pada berbagai produk teknologi, kesehatan, dan kecantikan.

  • SEO copywriting

Copywriting jenis ini memiliki tujuan utama untuk mendapatkan perhatian konsumen dengan cara menempatkan konten di bagian paling atas pada mesin pencari Google. Terdapat kaidah SEO yang harus dipenuhi apabila kamu ingin bisnismu berada di posisi paling atas.

SEO copywriting seringkali digunakan pada bagian kategori produk, landing page, serta deskripsi produk. Yang manakah dari kelima teknik copywriting di atas yang ingin kamu terapkan?

Belajar Copywriting dan Formula yang Efektif untuk Penjualan

Terdapat sebuah formula dalam menerapkan teknik copywriting, yaitu formula AIDA yang merupakan singkatan Attention, Interest, Desire, serta Action. Attention adalah teknik untuk menangkap perhatian para konsumen. Interest merupakan sebuah cara untuk membuat konsumen menjadi penasaran.

Desire merupakan teknik untuk membuat konsumen menginginkan produk yang kamu jual beserta dengan manfaat dari produk tersebut. Dan action adalah teknik untuk mengajak konsumen membeli produk atau menggunakan layanan yang kamu sediakan demi merasakan manfaatnya.

Pastikan kamu menggunakan formula AIDA tersebut untuk membuat konten promosi atau iklan kamu semakin menarik sehingga tujuan utama kamu bisa tercapai: menjual sebanyak mungkin produk dan menaikkan penghasilanmu.

Leave a Comment