Instagram Marketing untuk Pemula Tahun 2020

Smartphone dan media sosial sudah menjadi bagian dari kehidupan, terutama bagi anak muda di seluruh dunia. Ini merupakan kesempatan emas untuk mempelajari Instagram marketing untuk pemula biar akun Instagram Kamu bisa lebih bermanfaat dan terutama bisa menambah penghasilan.

Apa saja yang perlu Kamu pelajari untuk memulai dan mempertahankan bisnis dengan memanfaatkan media sosial? Nggak perlu bingung lagi karena di sini Kamu akan menemukan berbagai tips yang wajib dicoba jika Kamu benar-benar ingin memajukan bisnismu.

Memanfaatkan Instagram untuk Mendongkrak Bisnis

Di Instagram, kamu bebas menggunakan akun personal untuk membagikan kegiatanmu secara pribadi atau mengubah akun menjadi akun profesional yang bisa kamu gunakan untuk melakukan kegiatan promosi demi kepentingan bisnismu. Langkah apa saja yang perlu kamu ambil? Berikut penjelasannya.

  • Mengubah akun Instagram ke akun bisnis

Tentu saja langkah paling awal yang harus kamu ambil adalah mengubah akun Instagram menjadi profil bisnis. Yang membedakan akun ini dengan akun personal adalah adanya tombol kontak yang sangat memudahkan para calon konsumen untuk menghubungi kamu.

Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan akun bisnis ini untuk membuat dan membagikan iklan. Ada juga fitur istimewa yang disebut Insight. Fitur ini dirancang untuk membantu kamu memantau perkembangan bisnis kamu dengan cara memonitor setiap postingan kamu.

  • Membuat profil yang menarik

Profil merupakan wajah dari akun Instagram kamu yang sangat penting untuk menarik perhatian para followers. Profil Instagram kamu harus mampu mencerminkan bisnis yang kamu jalankan. Di samping itu, bio dan foto profil kamu pun harus sangat terkonsep dengan konten Instagram kamu.

Apabila semuanya berhubungan, profil Instagram bisnis kamu pun akan tampak menarik dan tentu saja para followers akan melihat kualitas dan keseriusan bisnis yang kamu jalankan di platform Instagram. Pastikan kamu menjalankan langkah kedua Instagram marketing untuk pemula ini.

  • Memanfaatkan fitur Insight dari Instagram

Sebagai alat marketing khusus yang sengaja disediakan oleh Instagram, Insight merupakan alat yang sangat bermanfaat karena kemampuannya dalam menunjukkan data statistik dasar. Data tersebut membantu menilai upaya marketing yang kamu jalankan di Instagram.

Selain itu, kamu juga bisa mencari tahu banyak hal mengenai followers Instagram kamu seperti postingan yang mereka sangat sukai atau golden hour dimana para followers paling sering online di Instagram. Informasi ini tentu akan berguna dalam menyediakan konten yang paling dinikmati.

  • Menyediakan feed Instagram yang indah

Postingan Instagram yang artistik mampu memikat followers kamu sehingga mereka terdorong untuk membeli produk yang kamu jual. Kamu bisa memposting teaser daripada menggunakan iklan. Teaser memamerkan produk dan membuat followers penasaran dengan dagangan kamu.

  • Memikat followers dengan fitur Story

Jangan remehkan kekuatan Instagram Story. Kamu wajib menggunakan fitur ini sekreatif mungkin. Pastikan Instagram Story kamu benar-benar interaktif dan menarik karena followers sangat menyukai akun Instagram yang memperbolehkan mereka untuk memberikan respon.

Instagram sudah membuka jalan bagi para pebisnis online yang ingin mempromosikan produk mereka melalui media sosial. Sekarang tinggal bagaimana kamu mengolah akun Instagram kamu dan menghasilkan lebih banyak dari platform yang digunakan di seluruh dunia ini.

Pastikan kamu mengikuti semua langkah Instagram marketing untuk pemula di atas dengan serius agar produk atau jasa yang kamu pasarkan semakin diminati oleh para followers kamu dan bisnis kamu pun akan semakin berkembang.

Leave a Comment