Mencari Kata Kunci yang Banyak Dicari untuk Jualan

 

Menjual suatu produk bukanlah hal yang mudah. Untuk bisa sukses dalam berjualan, salah satu langkah penting yang harus dilakukan adalah meriset kata kunci untuk jualan. Melakukan riset pasar akan menuntun kamu ke ide yang baru untuk bisnis online atau untuk mengembangkan bisnis.

Guna mengembangkan sebuah bisnis online, kamu memerlukan data objektif yang bisa menjadi fondasi agar bisnis online kamu menjadi semakin kuat. Riset pasar membantu kamu memperoleh data tersebut. Dengan demikian kamu bisa mengambil keputusan berdasar data objektif, bukannya asumsi.

Langkah untuk Melakukan Riset Pasar dan Mendapat Data Objektif

Ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu gunakan untuk melakukan riset pasar. Yang pertama tentunya adalah dengan melakukan riset keyword atau kata kunci di mesin pencarian untuk melakukan pengecekan terhadap tren yang sedang marak dalam bisnis online.

  • Meriset kata kunci di mesin pencarian

Ketika melakukan pencarian kata kunci atau keyword menggunakan mesin pencarian, ada beberapa hal yang perlu kamu ingat. Pertama, cari tahu kata kunci yang terkait. Kedua, perhatikan besaran volume pencarian kata kunci tersebut. Ketiga, cermati asal lokasi pencariannya.

Gunakan keyword tool untuk melakukan riset kata kunci. Berbagai keyword tool seperti Ubersuggest, Google Trends, Ahrefs, Semrush, dan lain sebagainya.

  • Mencari tahu tren bisnis online di media sosial

Setelah memperoleh data kata kunci yang populer, kamu bisa melakukan pengecekan seberapa populer tren tersebut dari media sosial karena media sosial merupakan sarana bagi segala macam orang untuk menumpahkan semua keluh kesah, termasuk review layanan dan produk.

Buka kolom pencarian sebuah platform media sosial kemudian ketikkan kata kunci untuk jualan yang telah kamu riset tadi. Kamu akan menemukan banyak postingan yang berkaitan dengan masalah atau kata kunci yang kamu cari.

  • Melakukan survei untuk mengumpulkan informasi

Setelah kedua langkah di atas kamu lakukan, lanjutkan dengan membuat survei. Berbagai informasi yang kamu peroleh dari keyword tool serta media sosial hanyalah masalah yang ada di permukaan. Survei bisa memberimu lebih banyak informasi yang detail dan mendalam.

Survei juga membantu kamu untuk menanyakan berbagai hal yang tidak bisa kamu temukan di keyword tool dan di media sosial. Dengan melakukan survei, kamu juga bisa meminta masukan dan saran dari para calon konsumen demi memajukan bisnis online kamu.

Jika menurutmu data yang kamu kumpulkan masih kurang, kamu bisa mempertimbangkan untuk bergabung ke beberapa grup atau forum yang membahas suatu produk. Forum Female Daily misalnya, berisi konsumen produk make up dan skin care.

Kamu bisa melakukan riset mengenai produk skin care atau make up dengan bergabung ke forum tersebut. Kemudian kamu bisa memutuskan apakah produk yang kamu jual mampu mengatasi masalah yang dihadapi oleh para konsumen atau tidak.

Memulai Riset Kata Kunci untuk Jualan

Setelah mengetahui semua langkah yang wajib dilakukan untuk mengembangkan bisnis online di atas, kamu perlu menerapkannya sesegera mungkin. Pertama-tama, kamu perlu mengumpulkan sedikitnya 100 keyword atau kata kunci yang memenuhi kriteria di bawah ini:

  • Memiliki jumlah pencarian atau search sebanyak 100 hingga 1000 kali dalam satu bulan
  • Merupakan buying keywords atau mengandung kata seperti grosir, jual, beli, murah, beli – online, jual – online, ampuh, dan sebagainya.

Kata kunci yang memenuhi kriteria di atas harus diutamakan. Kalau produk yang kamu jual tidak memenuhi kriteria tersebut, kamu bisa menambahkan produk baru yang sesuai dengan kriteria di atas untuk mendongkrak penjualan toko online kamu.

 

Leave a Comment